Tugas Pokok, Fungsi dan Kewenangan :

BerdasarkanPeraturan Daerah Kota Bogor Nomor 3 Tahun 2010 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor merupakan perangkat daerah sebagai unsur pelaksana penyelenggaraan pemerintah daerah yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagaian urusan dibidang kebersihan dan pertamanan. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor dipimpin oleh Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota Bogor.

 

Fungsi Dinas Kebersihan dan Pertamanan berdasarkan Peraturan Walikota Bogor Nomor 43 Tahun 2010 adalah sebagai berikut :

1. Perumusan Kebijakan Teknis di bidang kebersihan dan pertamanan;

2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kebersihan dan pertamanan;

3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kebersihan dan pertamanan;

4. Pelaksanan tugas lain yang diberikan oleh walikota sesuai tugas dan fungsinya.

 

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh 1 (satu) unit Sekretariat, 4 (empat) Bidang, 3 (tiga) Sub Bagian dan 8 (delapan) seksi serta 3 (tiga) UPTD.

Struktur Organisasi Dinas Perttanian Kota Bogor, terdiri dari :

1. Kepala Dinas;

2. Sekretariat, membawahkan :

- Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

- Sub Bagian Keuangan;

- Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan.

3. Bidang Kebersihan, membawahkan :

- Seksi Penyapuan;

- Seksi Pengangkutan.

4. Bidang Penerangan Jalan Umum dan Dekorasi Kota, membawahkan :

- Seksi Pembangunan PJU dan Dekorasi Kota;

- Seksi Pemeliharaan PJU dan Dekorasi Kota.

5. Bidang Pertamanan, membawahkan :

- Seksi Pembangunan dan Penataan Taman;

- Seksi Pemeliharaan Taman.

6. Bidang Pembinaan Pengelolaan Sampah.

- Seksi Pengembangan Teknologi Penanggulangan Sampah;

- Seksi Pengembangan Kemitraan.

7. UPTD Pemakaman;

8. UPTD Pengolahan Air Limbah;

9. UPTD Pengolahan Sampah.